Wednesday, April 2, 2014

Apa Penyebab Penyakit Jantung?

            Serangan jantung terjadi jika jantung tidak dapat memompa cukup banyak darah ke seluruh tubuh. Jenis serangan jantung yang paling lazim disebut infark miokordia atau suatu daerah jaringan mati di otot jantung. Ini terjadi bila suatu keadaan disebut trombosis arteri koroner menghambat aliran darah yang membawa oksigen menuju sel otot jantung dan oto itu pun mati.
            Infark miokordia terjadi dalam 2 tahap. Pertama, dalam proses yang mungkin bertahun - tahun, pembuluh darag membawa darah ke jaringan oto jantung tersumbat oleh plak yang mengandung kolesterol. Pengerasan atau penyumbatan arteri ini disebut arteriskleorsis. Akhirnya, timbul luka pada dinding arteri yang rusak. Kalau pada luka itu terbentuk gumpalan darah (trombus). Kedua, serangan jantung dapat terjadi secara mendadak, yaitu sewaktu gumpalan menyumbat pembuluh darah yang telah menyempit itu.

            Infark miokardia sering berakibat fatal sebab jantung yang rusak tidak mungkin mampu memompa darah. Namun, kalau daerah jantung yang terkena itu tidak terlampau luas, penderita biasanya dapat sembuh meskipun jantungnya menjadi lemah.

No comments:

Post a Comment