Tuesday, January 28, 2014

Hati dan Pankreas

Sebenernya sih ini tugas biologi saya tentang sistem pencernaan manusia gitu dan saya kebagian membahas hati dan kelenjar pankreas. Semoga yang gw posting ini berguna buat kalian semua. Selamat Membaca!!! ^^

1.    Hati adalah organ dalam tubuh manusia yang turut membantu dalam sistem pencarnaan manusia yang merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh.
Dalam tubuh manusia hati terletak di rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma.
2.    Bagian - bagian dari hati
·         Lobus Kiri
·         Lobus Kanan
·         Caudate lobe
·         Quadrate lobe
·         Arteri hati dan vena portal hepar
·         Nodus limfa hati
·         Pundi empedu
3.    Hati memiliki beberapa fungsi, antara lain:
·         Tempat pembentukkan dan perombakkan protein
·         Tempat penyimpanan glikogen
·         Penawar racun
·         Tempat perombakkan dan pembentukan eritrosit
·         Mengubah glukosa menjadi glikogen dan sebaliknya
·         Penghasil zat pelarut lemak (cairan empedu)
·         Penyimpan vitamin A, D, E, dan B12
4.    Kelainan - kelainan yang dapat terjadi pada organ hati, antara lain:
·         Hepatitis, peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis.
·         Sirosis Hati, gangguan pada hati karena terlalu banyaknya jaringan ikat pada hati yang disebabkan berkembangnya virus hepatitis
·         Kanker Hati, gangguan pada hati karena berkembangnya sel - sel kanker pada hati.
·         Perlemakan Hati, gangguan pada hati yang disebabkan oleh penimbunan lemak pada hati yang melebihi 5%  dari berat hati sendiri.
·         Kolestatis dan Jaundice, keadaan akibat terjadinya kegagalan hati dalam memproduksi dan atau pengeluaran empedu.
·         Hemokromatosis, kelainan metabolism hati yang ditandai dengan pengendapan zat besi yang berlebihan pada hati.
5.    Pankreas adalah kelenjar dalam tubuh yang berperan dalam sistem pencernaan tubuh manusia yang berfungsi untuk menghasilkan enzim pencernaan dan menghasilkan beberapa hormon.  Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen (perut).
6.    Bagian - bagian dari pankreas:
·         Caput Pancreatis, berbentuk seperti cakram dan terletak didalam bagian cekung duodenum. Sebagian caput meluas di kiridi belakang arteri dan vena mesenterica superior serta dinamakanprocessus uncinatus.
·         Collum Pancreatic, bagian pancreas yang mengecil dan menghubungkancaput dan corpus pancreatis. Collum pancreaticterletak di depan pangkal vena portae hepatis dan tempat dipercabangkannya arteria mesenterica superior dari aorta.
·         Corpus Pancreatic, Berjalan ke atas dan kiri, menyilang garistengah. Pada potongan melintang sedikit berbentuk segitiga.
·         Cauda pancreatic, Berjalan ke depan menuju ligamentumlienorenalisdan mengadakan hubungan dengan hilum lienale.
7.    Sebagai kelenjar pencernaan pankreas memiliki fungsi
·         Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glucogen, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.
·         Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel tubuh, terutama otot.
8.    Kelainan - kelainan yang dapat terjadi pada pankreas
·         Pankreatitis (Inflamasi Pankreas), kondisi inflamasi yang menimbulkan nyeri dimana enzim pankreas diaktifasi secara prematur mengakibatkan autodigestif dari pankreas.
·         Insulinoma, tumor pada pankreas yang menghasilkan insulin
·         Tumor Pankreas, tumor yang terletak pancreas
·         Ketodisosis Diabetik, akibat dari defisiensi berat insulin dan disertai gangguan metabolisme protein, karbohidrat dan lemak. Keadaan ini terkadang disebut “akselerasi puasa” dan merupakan gangguan metabolisme yang paling serius pada diabetes ketergantungan insulin.

·         Hipoglikemia, suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal rendah.

No comments:

Post a Comment